review jurnal

November 29, 2010 at 2:36 am (Uncategorized)

Romy Aditya

11208106

3EA11

 

Review Jurnal 1 :

1. Kesimpulan pada Hipotesa 1 (H1)

Hipotesa 1 (H1) menyatakan bahwa semakin tinggi derajat kekhasan atribut yang Islami pada Bank

Syari’ah, semakin tinggi kepuasan yang dirasakan nasabah. Berdasarkan analisis menunjukkan hubungan

positif antara atribut produk dengan kepuasan.

2 Kesimpulan pada Hipotesa 2 (H2)

Hipotesa 2 (H2) menyatakan semakin tinggi derajat komitmen agama nasabah, semakin tinggi kepuasan

yang dirasakan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian dimana regression weight sebesar 0,29, dan tingkat

signifikansinya lebih kecil dari 0,05 karena critical rationya CR lebih kecil dari 1,96, namun demikian

pengaruh komitmen agama terhadap kepuasan nasabah lebih besar pengaruhnya dari pada atribut

product.

3 Kesimpulan pada hipotesa 3 (H3)

Hipotesa 3 menyatakan semakin tinggi kualitas jasa, maka semakin tinggi kepuasan yang dirasakan

nasabah. Hipotesa ini sesuai dengan pendapat Cronin dan Tailor (1992), Donald J. Shemawell et.al

(1998), Fornell (1992), Selnes (1993), Jerry B. Gotlieb,et.al (1994), Yi (1990), Bitner (1990) dan Oliver

(1990). Berdasarkan analisis data kualitas yang disediakan oleh Bank Muamalat pengaruhnya signifikan

terhadap kepuasan nasabah, hal ini dapat dilihat CR Critical rationya lebih besar dari 1,96.

4 Kesimpulan pada Hipotesa 4 (H4)

Semakin tinggi derajat kepercayaan nasabah maka semakin tinggi kepuasan yang dirasakan nasabah hal

ini sesuai dengan pendapat Alvan Pradiansyah (1999), Basu Swasta (1998), dabholkar (1995). Hasil

analisis data menunjukkan pengaruh kepercayaan terhadap nasabah mempunyai pengaruh yang

signifikan, hal ini karena Critical rasionya lebih besar dari 1,96.

5. Kesimpulan pada Hipotesa 5 (H5)

Kesimmpulan pada hipotesa 5 menyatakan semakin baik kepuasan nasabah maka semakin tinggi kepuasa

yang dirasakan nasabah. Hipotesa ini sesuai dengan pendapat Cronin dan Tailor (1992), Donald J.

Shemawell et.al (1998), Fornell (1992), Selnes (1993), Jerry B. Gotlieb,et.al (1994), Yi (1990), Bitner

(1990), Oliver (1990), Tor Wallin Andreassen (1994), Bohte (1997), Mowen (1995), Teas (1993) dan

Busu Swasta (1999).

Hasil empiris menunjukkan kepuasan dan yolalitas mempunyai hubungan positif (0,55), hal ini

menunjukkan semakin puas nasabah maka semakin tinggi loyalitas nasabah. Untuk mencapai layalitas

syarat utama yang harus dipenuhi adalah kepuasan. Nasabah yang loyal adalah nasabah yang puas,

nasabah yangpuas belum tentu loyal.

6 Agenda Penelitian Dimasa Depan

Hubungan kemitraan antara nasabah dan Bank Muamalat , dalam kajian ilmiah perlu dikembangkan suatu

model untuk menginvestasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah.

Perhatian dikhusukan pada pengembangan aspek afektif (emosional) dan Kognitif antara nasabah dengan

Bank Muamalat. Aspek afektif perlu dikembangkan melalui pengembangan pada variabel atribut produk

maupun komnitmen keagamaan.

Hasil penelitian menyediakan validitas empiris dari Donald J. Shemawell (1988), Cronin dan Taylor (1992)

dan Oliver (1993) yang mengkonseptualisasi kepuasan, secara jelas penelitian ini diperlukan untuk

memperluas dasar-dasar data untuk pengembangan dimasa yang akan datang. Penelitian dimasa yang

akan datang diharapkan dilakukan pada perbankan Syari’ah lainnya, antara lain BNI Syari’ah, Mandiri

Syariah, Danamon Syari’ah. Karena penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan

loyalitas nasabah dari aspek emotional (afektif) jarang dilakukan di Indonesia, sehingga perlu dikaji dan

diteliti terutama variabel-variabel yang menyebabkan nasabah mengadakan hubungan dengan Bank

Syari’ah baik secara kognitif maupun afektif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: